Laju reaksi:
LEMBAR KERJA SISWA
PERCOBAAN 1
Pengaruh Konsentrasi Terhadap Laju Reaksi
Tujuan : Mengamati pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi.
a.
Alat dan Bahan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Tabung reaksi
Stopwatch
Kepingan seng
Larutan HCl 0,5 M
Larutan HCl 1 M
Larutan HCl 2 M
Larutan HCl 3 M
|
4 buah
1 buah
4 keping
10 ml
10 ml
10 ml
10 ml
|
b.
Cara kerja
1.
Siapkan empat buah tabung reaksi masing – masing
diberi nomor 1-4.
2.
Isilah tabung reaksi pertama dengan larutan HCl 0,
M sebanyak 10 ml.
3.
Masukkan kepingan seng ke dalam tabung reaksi.
4.
Hitung waktu reaksi dengan stopwatch pada saat
kepingan seng dimasukkan ke dalam larutan sampai kepingan seng habis bereaksi.
5.
Ulangi langkah tersebut untuk larutan HCl 1 M, 2 M
dan 3 M pada ketiga tabung reaksi lainnya.
c.
Hasil Pengamatan
Salin dan lengkapi titik-titik
berikut
Tabung reaksi
|
Pereaksi
|
Waktu ( detik )
|
1
|
Kepingan seng + HCl 0,5 M
|
.....................
|
2
|
Kepingan seng + HCl 0,5 M
|
.....................
|
3
|
Kepingan seng + HCl 0,5 M
|
.....................
|
4
|
Kepingan seng + HCl 0,5 M
|
.....................
|
d.
Pertanyaan
1.
Diantara keempat reaksi tersebut reaksi manakah
yang memerlukan waktu yang paling cepat dan paling lambat.
2.
Tuliskan persamaan reaksi pada percobaan tersebut ?
3.
Kesimpulan apa yang dapat anda peroleh dari percobaan
tersebut ?
PERCOBAAN 2
Pengaruh Suhu Terhadap Laju Reaksi
Tujuan : Mengamati laju reaksi kimia jika terjadi perubahan suhu
a.
Alat dan Bahan
1. Gelas kimia 50 ml
|
1 buah
|
2.
Stopwatch
|
1 buah
|
3.
Larutan Na2S2O3
0,1 M
|
20 Ml
|
4.
Larutan HCl 0,1 M
|
20 Ml
|
5.
Pembakar spritus
|
1 buah
|
6. Kertas
|
1 buah
|
7. Spidol
|
1 buah
|
8. Termometer
|
1 buah
|
b.
Cara kerja
1.
Letakkan gelas kimia 50 Ml diatas kertas putih yang diberi tanda
silang dengan spidol.
2.
Masukkan 20 ml larutan Na2S2O3 0,1 M ke dalam gelas kimia
tersebut.
3.
Masukkan 20 ml larutan
HCl 0,1 M ke dalam gelas kimia berisi Na2S2O3 tersebut.
4.
Hitunglah waktu mulai
dari penuangan HCl sampai tanda silang pada kertas tidak terlihat.
5.
Ulangi langkah tersebut
dengan larutan Na2S2O3 dan HCl yang dipanaskan
sampai 50⁰ C dsn 60⁰ C dengan pembakar spritus.
c.
Hasil Pengamatan
Salin dan lengkapi titik-titik
berikut
No
|
Pereaksi
|
Suhu ( ⁰C )
|
Waktu ( detik )
|
1
|
HCl 0,1 M + Na2S2O3
0,1 M
|
Kamar
|
.....................
|
2
|
HCl 0,1 M + Na2S2O3
0,1 M
|
50⁰ C
|
.....................
|
3
|
HCl 0,1 M + Na2S2O3
0,1 M
|
60⁰ C
|
.....................
|
d.
Pertanyaan
1.
Diantara ketiga reaksi , reaksi pada suhu berapakah
yang memerlukan waktu paling cepat dan paling lambat.
2.
Tuliskan kesimpulan yang dapat anda peroleh dari
percobaan tersebut.
PERCOBAAN 3
Pengaruh Luas Permukaan terhadap Laju Reaksi
Tujuan : Mengamati pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi
a.
Alat dan Bahan
1. Gelas kimia 250 ml
|
1 buah
|
2.
Stopwatch
|
1 buah
|
3.
Batu kapur
4.
Serbuk kapur
|
10 gram
10 gram
|
5.
Larutan HCl 0,1 M
|
100 Ml
|
6.
Neraca analitik
|
1 buah
|
b.
Cara kerja
a.
Isilah dua gelas kimia masing – masing dengan 100
ml larutan HCl ),1 M
b.
Timbahlah seberat 10 gram bongkahan batu kapur
menggunakan neraca analitik.
c.
Masukkan bongkahan batu kapur ke dalam gelas kimia
berisi larutan HCl yang pertama.
d.
Hitung waktu reaksi menggunakan stpowatch saat
bongkahan batu kapur mulai dimasukkan ke dalam larutan HCl sampai batu kapur
habis bereaksi.
e.
Ulangi langkah tersebut menggunakan 10 gram serbuk
batu kapur.
c.
Hasil Pengamatan
Salin dan lengkapi titik-titik berikut
No
|
Pereaksi
|
Waktu ( detik )
|
1
|
HCl + bongkahan batu kapur
|
.....................
|
2
|
HCl + serbuk batu kapur
|
.....................
|
d.
Pertanyaan
a.
Diantara kedua reaksi, reaksi manakah yang
memerlukan waktu paling cepat dan paling lambat.
b.
Tuliskan kesimpulan yang dapat anda peroleh dari
percobaan tersebut.
PERCOBAAN 4
Pengaruh Katalis terhadap Laju Reaksi
Tujuan : Mengamati pengaruh katalis terhadap laju reaksi
a.
Alat dan Bahan
1. Tabung reaksi
|
1 buah
|
2.
Pembakar spritus
|
1 buah
|
3.
Penjepit
4.
Lidi
|
1 buah
1 buah
|
5.
Stopwatch
|
1 buah
|
6.
Serbuk KCIO3
7.
MnO2
|
Secukupnya
Secukupnya
|
b.
Cara kerja
a.
Masukkan sedikit serbuk KClO3 ke dalam
tabung reaksi.
b.
Panaskan tabung reaksi menggunakan pembakar spritus
dengan hati – hati , gunakan penjepit tabung reaksi untuk memegang tabung
reaksi.
c.
Ujilah pembentukan oksigen dengan cara memasukkan
lidi yang membara ke dalam tabung reaksi setiap 0,5 menit, jika ada oksigen
maka bara lidi akan menyala, semakin banyak oksigen nyala semakin membesar.
d.
Ulangi langkah tersebut dengan mencampur KClO3
dengan sedikit MnO2.
c.
Hasil Pengamatan
Salin dan lengkapi titik-titik berikut
No
|
Isi tabung yag dipanaskan
|
Waktu ( detik )
|
Tes oksigen
|
1
|
KClO3
|
1
|
....................
|
2
|
KClO3
|
1,5
|
....................
|
3
|
KClO3
|
2
|
.....................
|
4
|
KClO3 + MnO2.
|
1
|
......................
|
5
|
KClO3 + MnO2.
|
1,5
|
...................
|
6
|
KClO3 + MnO2.
|
2
|
....................
|
d.
Pertanyaan
a.
Bagaimanakah hasil perbandingan hasil tes oksigen
antara KClO3 yang tidak diberi katalis MnO2. dengan KClO3
yang diberi katalis MnO2..
b.
Tuliskan reaksi penguraian KClO3.
c.
Tuliskan kesimpulan yang dapat anda peroleh dari
percobaan tersebut.
Artikel Terkait Lainnya :
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SOBAT CERIA PADA ARTIKEL INI
Judul: Lembar kerja siswa materi laju reaksi
Ditulis oleh Ery || Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat ceria. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini dengan segala rasa hormat harap menyertakan link dofollow ke https://pemula-awaliharimu.blogspot.com/2012/04/lembar-kerja-siswa-materi-laju-reaksi.html?m=0. Sekali lagi Terima kasih sudah berkenan membaca artikel ini. Ditulis oleh Ery || Rating Blog 5 dari 5
URL |
Code For Forum |
HTML Code |
0 komentar:
Posting Komentar
Tinggalkan Jejak Petualangan Dunia Maya SOBAT di dalam blog ini dengan menyempatkan diri sejenak untuk saling sapa ataupun berkomentar.
*Budayakan saling menghargai dan berkomentarlah yang baik.*